MENGENAL KEAKSARAAN AWAL - Kegiatan Bermain AUD

Breaking

Dunia anak–anak adalah dunia bermain. Bermain merupakan kebutuhan bagi setiap anak. Dalam kondisi apapun dan di manapun anak berada, akan berusaha mencari sesuatu untuk dapat dijadikan mainan. Kegiatan main yang terarah akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan potensi anak yang meliputi aspek pengembangan nilai-nilai moral dan agama, kognitif, bahasa,sosial-emosional, seni, serta fisik motorik anak

Senin, 05 Maret 2018

MENGENAL KEAKSARAAN AWAL


Kegiatan Bermain Mengenal Keaksaraan Awal untuk AUD
    Mengajarkan pra keaksaraan kepada anak usia dini harus diupayakan dengan cara menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan memberikan permainan yang bermakna, aman, nyaman dan menyenangkan sesuai dengan tahap perkembangan anak tersebut.
     Direktur Pembinaan PAUD, ibu Ella Yulaelawati berpendapat bahwa, Pra-keaksaraan atau keaksaraan awal adalah istlah yang digunakan untuk menjelaskan kemampuan anak dalam menggunakan aksara atau membaca dan menulis yang dikuasai sebelum anak belajar cara membaca dan menulis. 
     Keaksaraan awal dapat membangun calon pembaca yang berminat baca dengan menguasai: 
1. Bahasa lisan 
2. Lingkungan beraksara
3. Pengetahuan abjad melalui bernyanyi
4. Makna bunyi
5. Pemahaman visual contuhnya gambar bola, buah, bunga dsb
6 Konsep bahan cetak (tulisan yang dikenal anak, seperti: TV, dora, unyil dsb). 
7 Bahasa tulis (pengetahuan tentang buku)
8 Seolah-olah membaca/meniru membaca
9. Seolah-olah menulis/meniru menulis.
  
 Beberapa kegiatan bermain AUD yang dapat dilakukan untuk mengenal keaksaraan awal diantaranya:

 A. Mengurutkan abjad membentuk nama anak.
      Permainan mengurutkan abjad berupa bank huruf memakai stik es krim atau dengan menjepit huruf dengan penjepit baju 

1. Membuat bank huruf dengan stik es krim: Bahan : abjad/huruf, gunting, kertas asturo, selotip bening, lem, double tip, stik es krim. Cara membuat : Gunting kertas asturo bentuk segiempat (ukuran 5x5 cm), tempelkan huruf di atas kertas tsb dengan lem. Agar huruf tidak luntur tutup dengan selotip bening. Tempelkan stik es krim pada bagian belakang kartu huruf tsb menggunakan double tip.
2. Membuat bank huruf model baju: Bahan : abjad/huruf, gunting, kertas asturo, selotip bening, lem, Cara membuat : Gunting kertas asturo membentuk baju, lalu tempelkan huruf di atasnya dengan lem. Agar huruf tidak luntur tutup dengan selotip bening.Untuk kegiatan mengurutkan nama dan menjepit huruf bahan yang dibutuhkan adalah tali (rafia/kur) dan penjepit baju.
3. Membuat bingkai foto: Bahan : karton, gunting, foto anak bertuliskan nama anak, kertas lipat warna-warni bentuk lingkaran, lem. Cara buat : Gunting kertas katon bentuk segiempat sebagai dasar bingkai foto. Tempelkan  kertas warna warni bentuk lingkaran mengelilingi tepi bingkai foto tsb, lalu tempelkan foto anak dengan namanya di tengah bingkai foto tsb
Cara bermain Anak diminta mengurutkan kartu huruf menyusun namanya, dengan mncontoh urutan nama yang ada di bingkai foto

 Kegiatan menempel geometri lingkaran untuk membuat bingkai foto

Hasil karya membuat bingkai foto anak usia 3-4 tahun


Kegiatan bermain mengurutkan abjad membentuk nama anak

 Mengurutkan dan menjepit huruf membentuk nama anak

B. Mengarsir Abjad
     Bahan : kertas HVS, karton, krayon warna putih, pensil.
     Cara bermain : Beri contoh nama anak dengan menulis nama anak dengan krayon diatas kertas HVS, lalu anak diminta mengarsir dengan pensil. Pada kartu kosong, anak diminta untuk meniru huruf yang menyusun anaknya dengan krayon, lalu diarsir dan selanjutnya disusun membentuk nama anak tsb.
Mengarsir huruf dengan krayon dan pensil











.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar